Politeknik Informatika Del

Nah, sesuai ama judul,
Ada yang pernah dengar tentang Politeknik Informatika Del ?
Okey !
Aku mau cerita sedikit ni tentang tempat dimana aku nuntut ilmu 1 tahun belakangan ini.


Politeknik Informatika Del (PIDEL) (Del Polytechnic of Informatics) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di desa Sitoluama, Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. PIDEL didirikan oleh Bapak Luhut Binsar Panjaitan yang merupakan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia ke-28. PIDEL mulai melakukan kegiatan akademik pada tahun 2001.
Politeknik Informatika Del berlokasi di Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara. Letaknya persis di pinggir Danau Toba. Berjarak kira-kira 200 s.d. 250 KM dari Medan, 10 KM dari Balige.
Pemilihan tempat yang "remote area" bertujuan agar proses pendidikan benar-benar terfokus dan tidak terpengaruh oleh kegiatan atau aktivitas luar/perkotaan pada umumnya. Sementara untuk akses informasi dari luar dapat dilakukan dengan Internet dan TV Satelit (Kabel). Pemilihan lokasi di pinggir danau Toba agar suasana iklim mendukung proses pendidikan yang lebih baik. Dengan demikian juga, arsitektur dari setiap bangunan diusahakan ergonomis sehingga menumbuhkan suasana betah untuk berada di kampus.

PIDEL memiliki tiga program studi, yaitu:
  1. Teknik Jaringan Komputer
  2. Teknik Informatika
  3. Sistem Informasi
Pada tahun pertama dan kedua, semua mahasiswa akan mengambil mata kuliah yang sama dan pada tahun ke tiga mereka akan mengambil Professional Supported Courses sesuai dengan profesi yang diinginkan.

PIDEL menghasilkan lulusan Diploma yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan mendistribusikan teknologi dan/atau seni dan mencoba penggunaan terbaik dari teknologi dan/atau seni untuk meningkatkan kesejahteraan umum dan memperkaya kebudayaan nasional.
Saat ini, PIDEL hanya memiliki program Diploma III dan lulusannya memiliki kompetensi yang berbeda sesuai dengan program studi mereka, yaitu:
  1. Teknik Jaringan Komputer, lulusan harus mampu menjadi administrator jaringan komputer.
  2. Teknik Informatika, lulusan harus mampu mengembangkan aplikasi skala besar, dengan mengikuti semua tahapan dalam pembuatan perangkat lunak (software lifecycle) dan membuat dokumentasi lengkap untuk menjelaskan proses pembangunan.
  3. Sistem Informasi, lulusan harus mampu mengembangkan sistem informasi, berikut seluruh siklus hidup sistem informasi dengan menggunakan teknik dan alat dan membuat dokumentasi lengkap Sistem Informasi.

Direktur yang pernah menjabat :

  1. Dr. Ir. I Gde Nyoman Merthayasa
  2. Peter Boyer
  3. Prof. Ir. Saswinadi Sasmojo MSc, PhD.
  4. Dr. Ir. Inggriani Liem
  5. Arlinta Christy Barus (direktur PIDEL saat ini)

Kemahasiswaaan

Organisasi mahasiswa yang menjalankan kegiatan mahasiswa setiap harinya disebut dengan Badan Pengurus Harian Keluarga Mahasiswa (BPHKM) yang memiliki beberapa seksi, yaitu seksi pendidikan, kerohanian, ketertiban, kesenian, peralatan, olahraga dan humas. Organisasi yang ada di atas BPHKM dan yang melantik adalah Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang menjadi penampung aspirasi mahasiswa. Diluar keorganisasian, terdapat beberapa unit kegiatan yang dilakukan mahasiswa, yaitu Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Paduan Gitar Mahasiswa (PGM), Del English Club, dan POSS PIDEL yaitu pelatihan open source ke masyarakat sekitar, dll.

Sedikit gambaran lokasi PIDEL



 
Cukup !
Kalau masih mau lihat keindahan Politeknik Informatika Del, silahkan berkunjung ke Desa Sitoluama, Laguboti, Sumatera Utara atau kunjungi website ini www.del.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musim Kehilangan